Cara tepat memilih laptop

Kembali ke laptop, demikian slogan yang cukup populer dua tahun terakhir pada sebuah acara di stasiun televisi. Tidak dapat dipungkiri, tren penggunaan laptop sekarang lebih diminati dibanding pesona sebuah PC desktop. Bantuknya yang simple, sifatnya yang mobile dan kemampuan konektifitas yang lengkap membuat benda ini laris manis dipasaran.


Berikut ini beberapa tip-trik menarik yang harus dipertimbangkan pada saat memilih sebuah laptop:

1. Prosessor
Processor merupakan otak dari sebuah system. Prosessor dengan kecepatan yang tinggi dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang menarik. Untuk sebuah laptop dengan kemampuan dasar, pilihlah prosessor jenis Intel Pentium M (Intel Centrino) dengan kecepatan minimal 1,8 GHz

2. Layar
Ukuran layar yang cocok untuk kegiatan yang bersifat universal adalah 14 inchi WXGA. Semakin kecil ukuran layar (misalnya 12 inchi) berakibat pada detail gambar yang dihasilkan. Sedangkan layar yang besar (>15 inchi) akan menambah bobot pada laptop itu sendiri.
Selain itu pilih juga jenis layar christal bright, walaupun hampir semua jenis laptop terbaru sekarang sudah dilengkapi fitur ini.

3. Memory
Jika laptop yang anda gunakan tidak difungsikan untuk bermain game atau editing grafis, maka memory 512MB sudah cukup. Pastikan jenis memory telang mendukung teknologi terbaru yakni jenis DDR2 atau lebih. Jika anda berkeinginan mengupgrade memory di kemudian hari, pastikan juga tersedia slot memory tambahan.

4. Harddisk
Harddisk sebagai media penyimpanan menjadi faktor penting yang menjadi pertimbangan. Hardisk dengan teknologi terbaru (SATA) dengan kapasitas minimal 80 GB adalah pilihan yang tepat untuk saat ini.

5. Optikal Disk
Sebagai media pembaca disk, DVD Writer (DVD RW) adalah pilihan yang menarik. Kemampuanya membaca dan menulis pada media DVD adalah faktor penting yang menjadi pertimbangan di masa depan.

6. Video Card
Pemilihan video card penting untuk memberikan tampilan grafis atau video yang menawan. Video card onboard Intel Media Accelerator 900 atau lebih dapat anda pilih untuk mendapatkan gambar dan video yang cukup untuk memainkan game 3D sederhana.

7. Baterai
Baterai laptop yang cukup untuk memaksimalkan kinerja laptop selama kurang lebih 2 jam adalah jenis Lithium ion 4 sel.

8 Wireless
Fitur wireless Fidelity (Wifi) adalah hal wajib yang harus dimiliki sebuah laptop. Pilihlah wifi dengan fitur 802.11 b/g dengan kecepatan 54 Mbps.

9. Keyboard
Pemilihan keyboard yang salah dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat mengatik. Untuk memilih keyboard yang kokoh dan nyaman, cobalah dengan cara menekan dan rasakan pegasnya. Jika bunyi pegasnya halus serta landasan keyboardnya kokoh tidak tertekan, maka pilihlah laptop tersebut.

10. Kelengkapan lainya
Beberapa kelengkapan lain yang menjadi pertimbangan adalah jumlah port USB yang tersedia. Kemudian adanya slot memory SD, webcam, blutoth dan beberapa kelengkapan tambahan lainya.

11. Sistem operasi
Sebagai nilai plus pastikan sistem operasi yang terintsal di laptop yang anda beli adalah asli. Ini dapat dilihat pada label yang ditempelkan pada permukaan laptop.

12. Service dan garansi
Partikan produk yang anda beli memberi garansi minimal nasional. Selain itu terdapatnya service care canter di kota tempat pembelian memberikan nilai lebih pada saat terjadi kerusakan atau crash pada laptop.

Demikian 12 hal yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan membeli sebuah laptop. Hal yang harus diingat adalah merk dagang belum bisa menjadi jaminan kualitas produk. pastikan seluruh kriteria minimal diatas terpenuhi dengan baik.

Share this article :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Saat Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger